Monday, October 10, 2011

Pengalaman mengenal internet

Nama : Stefanus Surya Kusmaranto
NPM : 56410683
Kelas : 2IA10
Mata kuliah : Pengenalan Teknologi Internet dan New Media

Saya mulai mengenal internet sejak tahun 2002, dari beberapa tugas yang dibeikan sewaktu saya masih sekolah mengharuskan saya untuk menyentuh dunia internet. Dengan mencari suatu materi dari tugas sekolah saya searching melalui browser yang pada saat itu masih menggunakan internet explorer. Selain itu juga sudah ada Opera, namun masih belum diminati oleh saya maupun teman-teman saya. Dengan keseharian saya mengerjakan atau membutuhkan suatu informasi yang luas, saya mulai merasakan besarnya manfaat penggunaan internet bagi saya.
Selain dari pada browsing, saya mengenal juga suatu program aplikasi dari internet yang dapat melakukan komunikasi secara langsung dan online bersama dengan orang-orang di seluruh penjuru negara. MIRC adalah suatu aplikasi internet yang sangat populer dimasa itu. Pada masa-masa itu saya memiliki banyak pengalaman tentang MIRC, saya bisa mendapatkan banyak teman wanita maupun laki-laki. Tahun demi tahun perkembangan internet semakin canggih, sampai diluncurkannya situs friendster.
Pada saat itu friendster sangat populer karena kita belajar memiliki suatu homepage pribadi yang dapat dilihat oleh semua orang. Kemudian berkembang pula internet tidak hanya sebatas browsing, akan tetapi internet dapat digunakan untuk suatu program game secara online. Pada saat itu saya pertama kali mengenal suatu game yang bernama RO (Ragnarok Online) dimana game ini bekerja secara online, yang dapat berinteraksi dengan orang lain pada waktu bersamaan dalam satu game tersebut. Sangat menarik bagi kaum remaja mengenal dunia game, apalagi dapat saling berinteraksi secara online melalui game Ragnarok Online ini.


Perkembangan dunia internet semakin maju, hal ini dapat kita lihat dari banyaknya pengguna internet maupun warung-warung internet yang berada disetiap kota di seluruh Indonesia. Saat itu saya hampir tidak bisa jika tidak menyentuh barang elektronik khusunya komputer. Namun karena PC(personal Computer) besar dan sulit untuk dibawa-bawa kemana saja, maka munculah komputer berupa laptop. Laptop sangat berguna bagi kaum intelek, dimana laptop dapat digunakan kemana saja untuk bekerja dan bisnis.
Dengan laptop internet tetap bisa dilakukan dengan menggunakan modem eksternal. Sehingga makin membuat kemudahan bagi saya dan semua orang. Perkembangan teknologi tidak ada habis-habisnya, sampai munculah telephon selular yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi sekaligus untuk internet. Dan sampai sekarang teknologi komputer dan elektronik lainnya masih terus berkembang.

No comments:

Post a Comment